Saya Mulai Mencintai ‘nya’


Akhirnya… setelah dua tahun…rencana saya dan Nui untuk jalan-jalan pagi muter-muter kampus kami tercinta sambil poto-poto bisa terlaksana pada Minggu, 27 Februari 2011. Meskipun sedikit kesiangan, tapi setidaknya rencana itu bukan rencana belaka. Bukan hanya sekedar wacana.Dan ketika kami mulai melangkahi gerbang kos-kosan, rasanya ada standing applaus dan taburan potongan bunga anggrek yang menyertai keberangkatan kami ini .Maklumlah.. rencana jalan-jalan pagi ini sudah nyaris membusuk karena disimpan selama dua tahun lebih dua bulan 🙂

Saya sendiri sebenarnya sering mengitari kampus untuk jalan-jalan pagi, tapi sendiri..tidak bersama teman kos saya ini. Dan entah kenapa dari berkali-kali perjalanan pagi yang saya lakukan, baru saat itulah saya tahu bahwa sebenarnya kampus saya ini begitu menyenangkan. Banyak teman-teman mahasiswa yang lari-lari pagi sendiri atau berdua-duaan. Ada juga yang bersepeda bersama keluarga. Terus ada juga yang main badminton di jalanan yang masih sepi. Dan ada juga bapak-bapak telanjang dada sedang berendam di salah satu selokan kampus (saya ndak tahu bapak itu ngapain, waktu saya mau moto si bapak…saya dipelototin Nui.. Kata Nui saya Gila).

Dan sebentar lagi saya akan enyah dari tempat ini untuk melanjutkan cerita hidup saya yang lain. Rasanya? Ya…seperti biasalah.. kehilangan baru terasa kalo sesuatu menghilang, kalo kata Indah Dewi Pertiwi,

“Baru aku tahu…sakit itu apa…setelah kau bukan milikku..”

Saya memang belum benar-benar pergi dari kampus ini, tapi rasanya aneh…

Kalo ingat tiga setengah tahun yang lalu… saya datang ke tempat ini dengan hati yang tercabik-cabik. Saya tinggal di sini dengan sedikit keberanian dan pasrah. Saya memilih kampus ini karena pilihannya hanyalah kuliah atau ngangon embek di kampung… hiiiiiiiiii… meskipun agak sakit ,saya toh tetap kuliah. Meskipun saya tidak suka, saya tetap kuliah. Meskipun terkadang sesak nafas, saya tetap kuliah. Dan buktinya saya tetap kuliah sampai saat ini….

Mungkin karena terbiasa hidup di sini dan sudah bisa menyesuaikan diri dengan kerasnya perjuangan kampus saya ini, jadinya waktu seperti sekarang terasa aneh…aduhhh…gimana ya ngomongnya..pokonya anehlah…

Semuanya karena kebiasaan. Simple memang. Karena terbiasa. Sebenarnya saya benci mengatakan hal ini… tapi mau bagaimana lagi saya toh harus bilang bahwa saya bersyukur bisa mendiami kota Pahlawan ini dalam tiga setengah tahun terakhir, rasanya saya turut menjadi pahlawan (semoga saja). Di kampus ini saya menemukan banyak hal. Saya mempelajari banyak hal. Dan saya bisa memberikan banyak hal.

Seandainya waktu itu saya menolak pinangan kota ini… saya akan menjadi manusia paling ‘katrok’ di seluruh dunia!!! yang perlu dicatat adalah Kekatrokan yang saya maksud lebih dari sekedar penampilan luar. Kemarin saya mengatakan bahwa saya di sini karena ulah si Hehek, salah satu teman SMA saya. Dan itu benar!! Semuanya gara-gara dia!!!! Tapi gara-gara dia jugalah saya bisa menemukan ‘something‘ yang kemungkinan di temukan di kota lain sangat kecil sekali. Meskipun ‘something‘ itu juga tak bertahan lama, setidaknya saya menemukannya (Terimakasih Hehek… ). Saya juga bisa jalan-jalan pagi sambil poto-poto karena (ini yang paling penting, karena ilmu yang sebenarnya didapatkan di luar kelas).

Kalo kata mbah saya gini :

Jalaran tresno suko kulino” (saya kurang paham bahasa daerah, emboh iku tulisane bener opo orah 🙂 ).

Artinya, cinta akan muncul karena suatu kebiasaan. Dan sepertinya, saya sudah mulai jatuh cinta pada tempat ini… sangat terlambat menyadari mungkin, tapi setidaknya saya sadar bahwa saya Mulai Mencintai ‘nya’ ;).

 

Leave a Reply

