MODIS

Dan ini kerjaan dari adik saya… Dia ‘meminta bantuan’ saya untuk mengerjakan tugas kuliahnya. Dia mengatakan

“Kamu kan udah TA mei, pasti bisalah ngerjain tugasku”

Saya hanya diam sambil memandang wajahnya. Iya…saya memang sedang mengerjakan Tugas Akhir, pasti bisa mengerjakan tugas kuliahnya. TA saya kan tentang kultur jaringan tumbuhan, dan tugas dia mengenai satelit MODIS. Ya…saya pasti bisa mengerjakan tugasnya itu!!! YA AMPUN….mikir gak sih dia kalau jurusan kami ini berbeda?!!! Saya Biologi, sedangkan adik saya Geografi. Bisa-bisanya dia menyuruh saya mengerjakan tugasnya!!! Dasar Sableng!!!

Ahhhhh… dan saking bingungnya mendengar permohonan adik saya itu, saya langsung mengerjakan tugasnya dengan sepenuh hati. Antara bingung, kesel, pengen ketawa, dan membatin…mengapa saya punya adik yang gak bisa mikir panjang ya?? 😉

Satelit Modis?? Hemmm…. apa itu? Tanya mbah Google ah… Dan inilah jawaban mbah goggle :

MODIS adalah salah satu instrument utama yang dibawa Earth Observing System (EOS) Terra satellite, yang merupakan bagian dari  National Aeronautics and Space Administration atau NASA yang merupakan program antariksa USA. Satelit MODIS diluncurkan pada Desember 1999 dan disempurnakan pada tahun 2002. Program ini merupakan program jangka panjang untuk mengamati, meneliti dan menganalisa lahan, lautan, atmosfir bumi dan interaksi diantara faktor-faktor ini. Produk MODIS dapat dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan penelitian antara lain produk pengamatan vegetasi, radiasi permukaan bumi, dan tutupan lahan. Data Satelit MODIS terdiri dari band dengan band 1-19 berada pada kisaran gelombang visible dan infra merah dekat, sedangkan band-band selebihnya berada pada kisaran gelombang thermal. Dengan banyak kanal yang dipunyai oleh data tersebut yang mencakup kanal dari satelit-satelit lainnya seperti NOAA, SeaWifs, Landsat dan sebagainya, maka data satelit MODIS dapat digunakan untuk menentukan atau mengukur parameter dari permukaan laut hingga ke atmosphere seperti mengukur suhu permukaan laut, konsentrasi klorofil, kandungan uap air dan lain sebagainya.

Saya juga harus menganalisis peta yang ditampilkan oleh si MODIS. Benar-benar sangat sesuai dengan Tugas Akhir saya!!!  Tapi Siapa tahu dengan kemampuan menganalisis peta-peta dunia yang dipancarkan si MODIS, saya bisa dengan cepat memasarkan hasil kultur saya ke luar negeri!! Benar gak???!!! 🙂

Ok, sist… terimakasih sudah menyuruh saya mengerjakan tugas kuliahmu ini… Dengan ini isi otak saya tidak hanya sebatas kalus dan eksplan. Saya jadi tahu kalau sesuatu yang bernama MODIS tak hanya untuk fashion semata….

Suara Apakah Itu?

Percayakah kalian dengan sesuatu yang berbau mistis? Saya sebenarnya tidak mau percaya, tapi sayangnya sudah berkali-kali saya mengalami sesuatu  hal-hal mistis tersebut.Kejadiannya selalu di kamar kos. Heran deh saya, padahal kan saya rajin ngaji dan shalat (meskipun gak tepat waktu 😉 ), tapi kenapa ya ada mahkluk selain saya dan Nuri di kamar kos? Apa jangan-jangan saya yan glain itu suka pada kami berdua? TIDAK!!!!!!

Semalam, saat saya terjaga dn sibuk dengan hal-hal yang membuat saya sibuk saya mendengar bunyi-bunyian merdu. Bunyinya itu seperti gelembung-gelembung air dengan sedikit petikan gitar. Pokoknya syahdu sekali. Pikiran saya bunyi itu adalah alarm dari HP Nuri. Dan saya juga membatin “pantesan saja Nui gak bangun, la wong suara alarmnya mendayu-dayu begitu”, saya juga menuliskan hal ini sebagai status FB saya.

Ah… biarlah, toh lantunan musiknya tidak membuat saya sakit kepala. Suaranya kan merdu, jadi kenapa dipusingkan? Saya nikmati saja suara itu sampai-sampai saya ikut terlelap.

Dan beberapa jam lalu saat saya baru terjaga dari tidur malam singkat saya, Nuri bertanya

“Mei, memangnya semalem kamu dengar suara apa?”

Saya: “Suara apa memangnya?” saya balik bertanya sambil mengucek-ngucek mata

Nuri: “Alarmku loh gak bunyi gelembung-gelembung air”

Saya: benar-benara  Terjaga dari tidur

Nuri: senyum-senyum menyebalkan dan gak jelas

Saya: “Jangan bercanda ah, gak lucu!”

Nuri: “Beneran tau’… mana pernah aku pake musik mendayu-dayu untuk alarm?”

Saya: Diam dan bergegas pergi ke kamar mandi dengan merinding disko di sekujur tubuh

Oh…Tuhan…. suara apakah itu? Sudah beberapa kali suara-suara tak bertuan seperti tadi malam saya dengar. Dan kenapa pula saya baru menyadari bahwa suara itu berasal dari unidentify object?

Bye Bye Osamah

Osamah Bin Laden meninggal??? Waduhhh….. saya ketinggalan berita lagi. Meninggal dimana dan kenapa saya tak tahu. Saya hanya tahu mengenai beliau meninggal dari status FB teman saya plus baca-baca dikit di yahoo .

Yang saya dengar juga jasadnya ditawan USA…. Hahhhh…. Untuk apa ya? apa mau diotopsi? Hemmm…atau jangan-jangan otak si Osamah mau dibikin eksperimen apa gitu, bukankah lumayan meneliti otak orang “pinter” macam Osamah?? Boleh bukan jika saya mengatakan Osamah “pandai”?!! Kalo gak “pandai”, mana mungkin bisa menjadi salah satu orang yang paling dicari di dunia….

Setelah ini siapa lagi yang menjadi buronan militer USA ya??? Jadi penasaran… 😉

Dunia….Dunia…. Kapankah kedamaian mendatangimu??? Saya sudah begitu muak dengan segala kerusuhan dan kekacauan yang terjadi di atasmu ini…..

Good Bye, Mr.Osamah…. Semoga engkau diterima di sisi Nya… Dan jika dirimu bertemu Tuhan, tolong sampaikan pada Tuhan…. ‘hentikan segala keributan di muka bumi ini….’