Lapar = Masalah Di Seluruh Dunia


Di Afrika bagian selatan, masyarakatnya diributkan oleh krisis pangan yang tak pernah berhenti. Busung lapar dimana-mana. Kerusuhan dan penjarahan dilakukan semata-mata karena perut berteriak-teriak minta diisi. Tangisan bocah-bocah telanjang  di jalan hanya karena merasa lapar dan lapar. Intinya adalah mereka kelaparan.

Di Afrika bagian utara, penduduknya sibuk berperang menyerang rezim yang tengah berkuasa. Mulai dari negara kecil yang sangat jarang diekspos oleh televisi dunia, Tunisia…. hingga negara yang menjadi salah satu pusat peradaban dunia, Mesir….. dan konflik yang saat ini masih saja berlangsung di Lybia. Semuanya bertujuan untuk melengserkan pemimpin yang paling berkuasa di negara-negara timur tengah tersebut. Namun intinya tak jauh berbeda dari mereka yang  ada di sebelah selatan…. menginginkan kondisi ekonomi yang lebih baik supaya bisa mendapatkan penghasilan cukup untuk makan sehari-hari…. sederhananya adalah mencegah kelaparan.

Lalu menuju Eropa…. Krisis ekonomi Yunani yang diindikasikan menimbulkan efek domino bagi perekonomian negara uni Eropa ujungnya-ujungnya juga menyebabkan masyarakat mengalami penurunan pendapatan sehingga mengharuskan mereka mengurangi daya konsumsi…. Lapar lagi yang menjadi masalahnya. Tak hanya Yunani, negeri sekelas Inggris pun dihantui oleh kerusuhan massa selama beberapa pekan. Inggris membara karena dipicu oleh serangan polisi terhadap Mark Duggan dan hal ini merupakan alasan sosial… Namun jika dilihat dari sisi ekonomi, entah disadari atau tidak, kerusuhan dan penjarahan di setiap bagian negara Ratu Ellizabeth ini dikarenakan mereka takut tertular krisis ekonomi yang tengah melanda negara-negara Eropa Daratan….. Takut akan adanya kelaparan. J.K Rowlingpun menggambarkan bagaimana buruknya suasana hati Harry Potter, Hermione, dan Ron Weasley ketika harus berburu horcrux dengan perut kosong…..

USA? Adem ayem…. tetap memfokuskan diri untuk melawan Al qaedah dan membantu pemberontak Lybia guna menjatuhkan rezim Khadafi. Menentang senjata nuklir Korea Utara….. Semuanya mengatasnamakan perdamaian dunia. Negara adidaya yang tak memikirkan perkara sesuap nasi, tetapi kelimpungan jika ladang gandum tak mengahsilkan apa-apa saat masa panen. Meskipun begitu, siapa yang tak butuh makan? Bahkan Presiden Obamapun butuh makan untuk menjalani aktivitas kepresidenannya. Artis-artis hollywood itu… mereka bekerja untuk mencari popularitas sematakah? Tentu saja tidak! Mereka mencari uang dan dari uang itu mereka bisa makan…

Di Asiapun sama saja….. India, Pakistan, Korea, China…. semua perkara selalu berujung pada isi perut…… Di Indonesia? Tentu saja sama!

Bedanya adalah kelaparan di negara-negara miskin di benua Afrika adalah kelaparan yang dikarenakan benar-benar tak ada bahan pangan, sedangkan di negara-negara berkembang seperti Indonesia….. sumber daya alam sangat melimpah, tetapi pemerintahnya sibuk mengurusi sumber daya manusianya yang banyak tingkah sehingga Presidenpun tengah sibuk membongkar pasang mentri dalam kabinetnya……

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s