Film Kolosal Versi 2011


Saya senang sekali ketika mengetahui sebuah film kolosal lawas yang bermutu (Mak Lampir dan Nyi Pelet tidak termasuk di dalamnya!!!) akan ditayangkan ulang oleh salah satu stasiun TV. Film-film kolosal yang menceritakan zaman kerajaan di Nusantara adalah salah satu tayangan TV yang dulu sering kali saya tonton.Karena itulah ketika melihat iklan mengenai jadwal penayangan film tersebut, saya segera mengosongkan jadwal di hari pemutaran film. Pokoknya setiap malam jam setengah sembilan, TV adalah kuasa saya! Begitulah rencana awalnya.

Saat  mulai menonton film tersebut, saya kaget luar biasa! Sempat bingung apakah benar ini film yang pernah saya tonton ketika masih duduk di bangku SD? Saat saya baca judulnya… bener kok! Judulnya sama! Tapi kenapa aneh ya?

Tata bahasa yang digunakan sangat berbeda dengan gaya bahasa kerajaan zaman lampau. Bahasanya pake kata ‘gak’, ‘biasa aja dong’, serta gaya bahasa lugas yang sering saya dengar di sinetron-sinetron saat ini. Saya pun semakin terkejut ketika mendengar salah satu musik yang melatarbelakangi salah satu adegannya…. Musiknya itu bukan hentakan gendang atau tiupan seruling, melainkan theme song pembuka Harry Potter!! Entah telinga saya yang agak konslet atau memang film tersebut berubah mengikuti perkembangan zaman sehingga dentingan pianolah yang menjadi musiknya….. Mana ada sih prajurit Majapahit  berkuda diiringi dengan musik klasik??? 😦

Kalau begitu namanya bukan film kolosal, tetapi sinetron kolosal!!! Jadilah pengkudetaan atas TV setiap pukul setengah sembilan malam saya batalkan!!!

Bukannya saya menghina karya mereka, melainkan merasa aneh saja mendengar musik yang biasa saya dengar dari film Harry Potter dilantunkan di film yang pemerannya pake sewek dan sanggulan!! Aneh!!! Jika versi 2011 nya saja menggunakan theme song Harry potter dengan cara bicara ibu kota… bisa-bisa versi 2020 mendatanng akan menggunakan Simphony 5 milik Beethoven dengan menggunakan bahasa Jerman??!!



Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s