Di Balik Sambungan Pertanyaan & Jawaban Puteri-Puterian


Siapa bilang acara puteri-puterian tidak memberikan pembelajaran? Banyak hal yang bisa dipelajari dari acara-acara pemilihan putreri-puterian macam Miss Universe ataupun Puteri Indonesia. Hal yang saya pelajari adalah untuk beberapa hal, pertanyaan membutuhkan suatu jawaban yang sedikit implisit atau diplomatis  atau sedikit gak nyambung dari pertanyaannya.

Artinya pertanyaan tersebut bukanlah pertanyaan sains yang membutuhkan jawaban secara ilmiah atau pertanyaan eksak yang butuh jawaban dengan logika melainkan pertanyaan yang sifatnya psikologis dimana jawabannya adalah sekedar permainan kata-kata atau simpelnya pertanyaan yang hanya membutuhkan ketenangan diri untuk menjawabnya.

Tapi meskipun cenderung tidak membutuhkan IQ di atas rata-rata untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ala kompetisi puteri-puterian, bukan berarti jawabannya gak pake mikir… Mikir juga dong… hanya saja mikirnya gak pake otak kiri atau otak kanan atau otak tengah, melainkan menggunakan perasaan!! Caranya? Banyak melakukan aktivitas sosial…. menurut saya itulah cara menjawab pertanyaan-pertanyaan psikis pada kontes-kontes kecantikan (menurut saya loh, yaaaa).

Puteri Indonesia terpilih tahun ini menurut saya memiliki kesamaan dengan Miss Universe 2011, Leila Lopez, yaitu sama-sama memberikan jawaban yang gak nyambung pada pertanyaan yang diajukan untuk mereka. Ya sudahlah…… Keputusan dewan juri tak bisa diganggu gugat… Lagipula prediksi saya tidak meleset jauh… Dari awal saya telah memperkirakan bahwa puteri Indonesia 2011 berasal dari provinsi Jawa timur atau Jawa Tengah… Dan karena saya warga Jatim maka saya mendukung puteri Jatim….. Terbukti bahwa jawaban nyambung Puteri Jatim dan Sulawesi Selatan di pertanyaan 3 besar kalah oleh kata-kata mutiara puteri Jawa Tengah….

Seandainya saya bisa memberi saran (bisa lah 🙂 ) maka saya berharap pada pemilihan puteri-puterian selanjutnya para juri meningkatkan penilaian ‘koneksi’ antara pertanyaan dengan jawaban finalisnya karena tidak semua orang memiliki kemampuan menjabarkan makna implisit dari jawaban mereka.

P.S: Jika saya perhatikan lebih dekat lagi… Puteri Indonesia 2011 ini mirip Dona Harun… Benar gak???

Leave a Reply

