Seminar Frendly


Tidak ada ketegangan. Tidak ada marah-marah. Tidak ada caci maki. Tidak ada hinaan. Yang ada hanyalah banyolan. Tertawa ngakak. Candaan dan gojlokan ringan.

Satu lagi yang berubah dari cara seminar di jurusan saya tercinta. Seminar yang selama ini saya tahu penuh dengan ‘konflik’ berubah menjadi presentasi proposal biasa. Tidak ada lagi rentetan pertanyaan menjatuhkan.

Ya ya ya…….. kalau saja saat saya seminar suasananya seperti suasa seminar teman saya siang tadi…. 🙂

Baguslah kalau begitu.

Peserta seminar menjadi tidak terlalu gugup sehingga bisa mempresentasikan proposalnya dengan optimal. Tidak menjadikan seminar sebagai tempat marah-marah dosen atau menyudutkan mahasiswa. Sudah cukup pas untuk level strata satu.

Memang kurang menarik, tapi seminar proposal TA kan memang bukan hiburan?!!

Mungkin saya saja yang ketinggalan suasana anyar seminar proposal TA sehingga atmosfer bersahabat di ruang seminar tadi terasa sedikit asing buat saya. Atau gara-gara hari ini adalah hari guru ya??? 😉

Semoga saja atmosfer tersebut dapat terus berlangsung pada seminar-seminar proposal TA teman-teman saya yang lain. Dan semoga saja suasana friendly tersebut juga berlangsung saat sidang  Tugas Akhir….. Konsistensi. Itulah yang saya harapkan. Supaya akreditasi jurusan tercinta bisa semakin meningkat. AMIN 🙂

Leave a comment