Berusaha Menikmati Cekaman TA


Pusing… pening… bingung…. dan kesel karena urusan Tugas Akhir yang tak bisa berakhir dengan mudah memang seringkali menjadi pemicu amarah. Rasanya sesak nafas setiap saat. Setiap ‘kesenggol’ ikit aja bawaanya pengen mbacok.Revisian yang tidak kunjung selesaipun kerap kali membuat emosi jiwa. Belum lagi masalah admisnistrasinya…. Uhhh… menambah tingkat kepuyengan!

Maunya marah dan marah marah yang pada akhirnya tidak menyelesaikan masalah.

Kesimpulannya, untuk menghadapi masa-masa cekaman TA adalah menjalaninya dengan legowo. Just relax. Bolehlah kesal dan pusing akan revisi naskah, tapi kalau hanya menggerutu tiap hari melalui status FB atau twuit tanpa menyentuh si naskah… apa iya revisi bisa selesai?

Kalau setiap harinya hanya memaki si dosen yang memberikan revisi sak jagad yang ada hanya akan menambah sakit hati dan stres akut plus revisi tak bisa diselesaikan. Siapa yang rugi coba? Dosen? Dosen tidak peduli akan bagaimana pusingnya mahasiswa saat menyelesaikan revisi. Dosen hanya peduli akan revisi yang diselesaikan mahasiswa.

Saya memang pusing… saya puyeng…. saya stres… saya tercekam TA…. dan saya kurang sependapat dengan beberapa peraturan ‘sunnah’ jurusan bagi calon wisudawan….. tapi saya berhak begitu karena tak ada masalah kronis dengan naskah TA saya. Meskipun puyeng, pusing, sters dan tercekam….. saya rasa saya menikmatinya.

Kalau dipikir-pikir saya belum tentu bertemu lagi dengan kondisi seperti ini. Mungkin jika tidak sedang terserang virus TA, saya tak akan tahu bagaimana rasanya duduk klesotan di lantai dari pagi sampai sore. Dan hanya saat-saat TA inilah saya merasa mahasiswa adalah murid paling rajin di dunia dimana kami berangkat pagi dan pulang sore hari menjelang maghrib. Hampir sama dengan model sekolah-sekolah fullday zaman sekarang ;). Saya pun tak pernah melihat teman-teman menjadi rajin ke kampus selain masa-masa TA ini.

Masa Strata 1 dengan cerita horornya ini, saya rasa bisa menjadi sesuatu untuk saya dikemudian hari. Bahkan mungkin untuk teman-teman lain.

Saya yakin bahwa masalah-masalah TA ini segera berakhir…. Hanya butuh kesabaran ektra dan keyakinan kuat untuk mengakhirinya!! Just kept Fight, Guys!!!

Leave a Reply

