29 Februari


Heii… ini sudah 29 Februari ya?? Tidak ada yang spesial di hari ini, itu untuk saya. Namun bagi teman-teman yang lahir di hari ini, 29 Februari adalah tanggal spesial karena hari kelahiran diperingati setiap empat tahun sekali! Sederhananya, berulatang tahun setiap empat tahun sekali.

Masih ingat dengan pelajaran SD kelas 6 tidak? Februari merupakan bulan yang cukup unik karena jumlah harinya bertambah satu setiap empat tahun sekali. Jika pada tahun-tahun biasa jumlah harinya ada 28, di tahun kabisat seperti 2012 ini jumlah harinya menjadi 29. Perlu diingat lagi bahwa tahun kabisat adalah tahun yang angkanya habis dibagi empat (4).

Kenapa bisa begitu ya? Kata mbah google “Menurut kalender Gregorian yang dipercayai orang Romawi, jumlah hari setiap dua bulan di tahun kabisat adalah 60. Karena pada saat itu bulan Februarinya berjumlah 29 dan jika ditambahkan dengan hari bulan Januari hanya 59 maka ditambahkanlah satu hari pada bulan Februari”.

Lalu, mengapa bulan Februari yang kita ketahui hanya memiliki 28 hari? Uuuhhh…. saya kurang paham masalah itu. Kalau saja si Julius Caesar masih ada, mungkin ia bisa menjelaskan maksudnya mengganti-ganti jumlah hari 😉

Sudahlah… saya tak mau terlalu memusingkan asal-muasal 29 Februari. Bagi saya yang awam, 29 Februri tetaplah hari yang unik karena tak bisa dijumpai setiap tahun 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s