Dinner ‘Untuk’ Mister Polisi


 

Makan malam hari ini mahal banget. Bukan karena menunya istimewa atau membeli makan di restoran mahal, melainkan dinner bareng Pak Polisi!!

Uhhh… maunya makan malam, tapi tertunda lantaran selembar uang di dompet saya diminta oleh seorang mas-mas polisi! Dasar polisi kuplak!!

Salah saya memang karena tidak mengenakan helm dan tidak membawa STNK. Tapi tetap saja praktek tawar-menawar denda tilang membuat respect saya terhadap seorang polisi semakin menghilang. Adik saya sudah mengakui bahwa kami bersalah dan meminta surat tilang supaya bisa melakukan sidang atau membayar denda yang jumlahnya sesuai dengan aturan dimana pelaku pelanggar lalu lintas yang mengakui kesalahan berhak mendapatkan surat tilang yang disebut ‘slip biru’. Tapi apa coba kata si polisi

Gini deh mbk… kalo misalnya mbk minta surat tilang.. mbk itu kena pasal berlapis. Satu pasal di persidangan itu 153 ribu loh mbk. Bisa-bisa mbk harus bayar lebih dari 500 ribu rupiah

Apakah kalian mengerti maksud dari si polisi? Saya sendiri sangat mengerti apa maksud si polisi. Sangat mengerti! Dan akhirnya, jatuhlah selembar uang di dompet saya itu ke tangan si polisi.

Ternyata oh ternyata, tawar-menawar denda tilang yang saya lihat di televisi saya alami sendiri. Dan saya rasa tawar-menawar denda tilang itu bisa terjadi dimana saja. Tidak hanya di kota-kota besar macam Surabaya atau Bandung, tetapi juga di kota-kota kecil di seluruh negeri ini.

Kalo memang merasa gaji sebagai seorang polisi kurang, kenapa harus meminta tambahan pada pengguna jalan? kenapa tak berenti saja menjadi polisi dan mencari pekerjaan lain. Jadi artis seperti Norman Kamarun misalnya!!!

Bapak KaPolRi yang terhormat….. besok-besok kalau merekrut anggota harus lebih selektif. Cari anggota yang benar-benar berjiwa polisi!!!

 

Leave a Reply

