Mari Kita Pergi Ke TP


 

Sudah lebih dari empat tahun bersemayam di Kota Pahlawan, tetapi tak pernah sekalipun bermain-main di area Tugu Pahlawan. Kebangetan deh! Bukan tidak mau, melainkan memang tidak ada waktu. Selama empat tahun terakhir saya kan kuliah… jadi tak boleh terlalu banyak main…terlebih lagi jarak antara kampus saya dengan TP (red: Tugu Pahlawan) relatif jauh untuk ukuran seseorang yang buta akan kemudi motor πŸ˜‰

Dan akhirnya setelah lewat empat tahun, kesempatan tersebut datang. Bermain-main ke Tugu Pahlawan πŸ™‚ Yang perlu dicatat adalah bukan saat hari Minggu pagi karena di saat itu TP berubah menjadi pasar dengan aneka dagangannya. Mirip pasar minggu di kampus UGM atau sepanjang jalan Semeru di kota Malang. Benar-benar murni TP…. TUGU PAHLAWAN (not Tunjungan Plaza).

Ada apa di Tugu Pahlawan dan kenapa harus Tugu Pahlawan…

Ada Tugu… dan karena saya mau ke sana saja.

Memangnya tidak boleh?

Siang-siang setengah sore, bersama partner in crime setia….. kami berada di area TP. Niatnya adalah mengitari seluruh area TP. Tidak hanya melihat tugu Soekarno-Hatta yang memang terlihat jelas dari arah luar, tetapi juga mengetahui apa yang ada di balik tembok yang mengitari patung Soekarno-Hatta. Benar-benar ingin tahu. Dari luar, bagian dalam TP itu hanya lapangan berumput yang dihiasi dengan patung Soekarno-Hatta pada umumnya (memegang naskah proklaamasi) serta sebuah tiang bendera. Namun kata beberapa orang kenalan yang sudah pernah masuk, di dalamnya juga ada patung-patung pahlawan lain. Tak hanya Soekarno-Hatta. Namanya juga Tugu Pahlawan.

Hari Itu…..Sesampainya di sana…. TUTUP! 😦

Bagian dalam TP yang ingin saya ketahui tidak dibuka karena hari itu adalah hari cuti bersama. Petugasnya sedang long weekend sehingga saya dan Chaca tak bisa mengksplore bagian dalam TP. Lalu? Ya sudah…. tak bisa masuk ke dalam…..Kata petugas yang saya temui hari itu, di hari biasa TP buka mulai hari minggu hingga jumat. Sabtunya libur. Buka mulai pukul 09.00 WIB sampai 15.00 WIB (kalau ini kata teman saya).

Sayangnya saya tak bisa membuktikan perkataan orang-orang tersebut. Kenapa tidak mencari informasi melalui mbah gugel saja? Bukankah saya telah mengatakan bahwa saya ingin melihatnya sendiri. Ingin mengetahuinya sendiri.

Langsung pulang? GAK DONG!!!!

Kami berdua memang berniat main-main di TP, jadi meskipun tak bisa melihat-melihat bagian dalam…. bagian luar juga lumayan. Beberapa dindingnya yang berukir relief-relief yang mengisahkan kehidupan masyarakat Surabaya di zaman kolonial Belanda atapun Japan juga bisa dijadikan arena jepret-jepret lensa kamera. Kebetulan juga saat itu langit sedang menampakkan view apiknya. Meskipun jalanan di depan TP dijejali dengan kendaraan bermotor, langit di atasnya tetap menampakkan biru cerah dengan beberapa ornamen awan. Cukup asik untuk diabadikan dalam bidikan kamera.

Karena masih belum menunaikan niat sepenuhnya…. tak banyak cerita yang bisa yang eksplore… cerita yang bisa saya paparkan mengenai kebenaran patung-patung pahlawan itu akan tersaji pada kunjungan ke TP di kesempatan berikutnya…. πŸ™‚ Paling tidak, saya sudah pernah berada di kawasan Tugu Pahlawan. Bukan untuk makan bebek pahlawan atau shopping barang-barang (relatif) murah, melainkan untuk melihat patung orang-orang yang membebaskan Surabaya dari tangan penjajah… Untuk merayakan hari jadi Kota Pahlawan, bukankah lebih tepat jika mengunjungi Tugu Pahlawan daripada uyel-uyelan di mall demi acara SSF πŸ˜‰

Tugu Pahlawan (1951) Bangunan Cagar Budaya. Bekas Gedung Raad Van Justitie yang dulunya adalah markas Kenpetai di masa penjajahan Jepang.

Langitnya bagus banget kan… Perhatikan saja langitnya. Abaikan lainnya πŸ˜‰

ceritanya di gambar itu, rakyat sedang merapatkan bagaimana caranya mengusir kolonial Belanda dan saya berusaha untuk menghormati mereka πŸ˜‰

Salah satu objek favorit saya adalah manusia yang kurang pekerjaan. Salah satunya adalah manusia yang hobi sekali memotret kawan-kawan tomcat (seerangga) πŸ˜‰

Wellcome to TP

 

 

2 comments on “Mari Kita Pergi Ke TP

Leave a Reply

