Makan Lumpur


 

Suka kue lumpur? Saya suka. Kalau kalian suka kue lumpur dan tengah berada di Sidoarjo… coba mampir ke warung “Kue Lumpur Muda-Mudi” milik Ibu Lilik. Tempatnya tak jauh dari alun-alun kota Sidoarjo. Warungnya memang tidak besar, tetapi rasanya bisa diacungi jempol. Warung kue lumpur ini menyediakan dua pilihan rasa. Original dan campuran kelapa muda atau degan.  Rasanya sama-sama okay… tapi secara pribadi saya lebih suka yang original…. lebih melumpur 😉

Harganya? Original dibanderol Rp 1500,- sedangkan dengan campuran kelapa muda dihargai Rp 1750,- Terjangkau bukan?!Jika ditanya apa bedanya kue lumpur ini dengan lumpur-lumpur lainnya…. Pertama jelas…lumpur ini bukan lumpur lapindo sehingga tidak menyebabkan disorientasi sistem kerja saraf manusia. Kedua, tekstur kue lumpur di warung ini sangat sangat sangat lembut dibandingkan kue lumpur yang dijual di pasaran. Sepintas, bagian tengahnya terlihat layaknya makanan mentah. Tapi serius… kuenya mateng! Perfect Welldone!!

Cara pembuatannya juga unik (buat saya) karena masih menggunakan cara tempoe doeloe! Adonan kue yang cair dimasukkan ke dalam cetakan bulat-bulat yang ada di atas kompor. Setelah itu cetakan yang telah diisi adonan ditutup dengan menggunakan tatakan yang bentuknya bulat berukuran serasi dengan cetakan kue dimana di atas tatakan tersebut terdapat arang panas. Entah maksud dari teknik penutupan cetakan tersebut, tetapi saya menduga bahwa cara itulah yang menjadikan kue lumpur terlihat mentah tetapi terasa matang (Saya tak sempat bertanya karena si bapak sedang sibuk memasak dan terlihat tak ingin diganggu).

Tertarik untuk mencicipi? Silahkan mampir dan mencoba….

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s