Bicara (Lagi) Tentang Korupsi


 

Korupsi itu bisa berasal dari segala hal. Jangankan hal-hal yang berhubungan dengan manusia, Al-quran saja menjadi sasaran korupsi >.< GILA ya orang-orang jaman sekarang…. Kitab suci yang jelas-jelas berhubungan dengan Tuhan dengan berani dijadikan jalan untuk korup!

Tak perlulah saya menjabarkan kasus korupsi yang besar-besar itu… yang sedang dilakukan oleh wakil-wakil rakyat tersebut. Saya hanya melihat mereka dari jauh dan melalui layar kaca yang terkadang buram pula.

Tapi saya pernah menyaksikan sendiri bagaimana korupsi itu berjalan di depan mata saya. Bahkan pengalaman pertama bersua dengan kasus korupsi itu terjadi ketika saya harus menjadi asisten di kampus. Ya…di kampus!!! Tempat dimana para stalkholder berkumpul. tempat dimana para cendikia saling bertukar pikiran. Saat itu saya punya bukti otentik sehingga saya tak bisa melaporkannya ke KPK, lagipula korupsinya juga hanya masalah sepele. Tidak meraup uang rakyat dengan nominal milyar atau triliun, tetapi tetap menggunakan hak rakyat untuk diri sendiri. Dan karena tak punya bukti pada akhirnya saya tak lagi ikut serta dalam acara asisten-asistenan di mata kuliah tersebut. Saya tidak tahu apakah hal tersebut masih terjadi hingga saat ini, tetapi yang jelas seseorang yang telah berani ‘main-main’ dengan sesuatu yang kecil, pasti tak akan ragu untuk bereksplorasi kembali jika ada kesempatan besar.

Aduh….Tuhan…saya sangat mencintai Indonesia…Sungguh, saya menyukai budayanya….menyukai batik…menyukai Yogyakarta… benar-benar mencintai Indonesia Raya, tetapi tidak begini….

 

Leave a Reply

