Berusaha Menutup Cerita 5 Tahun Silam


Kemarin pengumuman SNPTN untuk tahun ajaran 2012-2013. Lagi-lagi mengingat bagaimana reaksi saya akan kejadian lima tahun yang lalu. Menangisi keberhasilan saya lolos SPMB (sebutan SNPTN di jaman saya). Dan Lagi-lagi Tuhan mengingatkan saya betapa kurang bersyukurnya saya saat itu sehingga dengan seenak jidatnya menangis dan meminta untuk tidak lolos SPMB! KONYOL!

Dan kemarin pula saya kembali ditegur oleh Tuhan bagaimana tak bersyukurnya saya atas kelolosan SPMB lima tahun lalu. Tuhan menegur dengan memberikan contoh langsung bagaimana besarnya rasa kecewa seorang anak ketika ia tak lolos SNPTN. Menangis karena tidak lolos SNPTN dan kebingungan mencari kampus untuk melanjutkan studinya.

Jika melihat kegagalan adik si Aisyah Intan Paramartha dalam seleksi SNPTN tahun ini, harusnya lima tahun lalu saya bersyukur dan setelahnya sayapun bersyukur dengan tidak mengungkit-ngungkit lagi kejadian tersebut. Tapi mungkin Tuhan berpendapat bahwa saya masih tak bisa menerima kejadian lima tahun lalu. Masih menyesali mengapa saya harus lolos SPMB. Masih sering menangisi ‘kegagalan’ tak lolos SPMB. Masih belum move on 100% 🙂

Belum benar-benar ihklas walaupun kejadiannya telah lewat 5 tahun dan saya sudah terbebas dari segala SKS. Konyol ya…. sudah menyelesaikan studi, tapi masih saja berfikiran untuk kembali ke masa lalu….

Oh emji… semoga setelah ini saya benar-benar bisa move on dan menutup mata hati plus pikiran dari masa silam tersebut. Saya tak mau lagi mengingat-ngingat kejadian purba yang hanya membuat saya stuck! Saya mau move on, Tuhan….. Saya tak mau lagi menangisi kisah yang sudah basi itu di hari-hari ke depan sehingga ketika pengumuman SNPTN di tahun-tahun berikutnya saya tak lagi merengek di atas bantal, tetapi mengingat bahwa saya termasuk satu dari ribuan orang yang lolos dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di salah satu Institut terbaik di negeri ini.

Buat siapapun yang masih belum berunung dalam SNPTN tahun ini, termasuk adek Ais Babon…. Move on, guys! Jangan sedih ya… kalau memang niat kuliah, pasti diberi tempat oleh Tuhan! Tetap semangat untuk mencari almamater baru. Tak perlu meratap terlalu lama… kalian kan calon mahasiswa, bukan anak kelas 4 SMA… Masa mahasiswa cengeng? 😉 FIGHTING!!!! 

Leave a Reply

