Istimewanya Ramadhan


 

Apa istimewanya puasa?

Buat saya gak ada istimewanya. Sama sekali biasa. benar bukan? Puasa bisa dilakukan kapan saja oleh siapa saja. Seseorang yang hendak melakukan operasi juga harus berpuasa. Saya juga sudah sering melakukan puasa senin kamis atau puasa sunnah lainnya. Orang-orang lain juga kerap kali melakukan puasa di hari kelahiran mereka, atau orang Jawa menyebutnya sebagai puasa weton. 

Apa istimewanya puasa? Biasa aja kan?!

Kalau pertanyaannya “Apa istimewanya puasa Ramadhan?” 

Baru istimewa. 

Bukan hanya karena datangnya yang setahun sekali, tetapi juga karena dilakukan oleh semua umat muslin di dunia. Umat muslim loh yaaa….bukan orang yang ber KTP Islam 😉

Biasanya yang puasa sendiri, jadi punya teman. Biasanya berbuka dengan makanan yang itu-itu saja, kalau puasanya di bulan Ramadhan jadi banyak sekali pilihan menu. Bahkan makanan yang tak dijual di hari-hari biasa bisa ditemukan di bulan Ramadhan. Di waktu ini pula masjid atau mushalla terlihat lebih ramai dari biasanya. Orang-orang berbondong-bondong mengisi masjid untuk melakukan shalat tarawih. Mulai dari balita hingga manula tumpah ruah di altar suci sang Ilahi, walaupun kadang-kadang keramaian ini hanya terjadi di awal-awal bulan Ramadhan. 

Apa lagi yang spesial dari bulan Ramadhan? Kalau masalah dosa-dosa atau amalan, bagi saya itu adalah masalah antara makhlukNya dengan Sang Pencipta. Tak perlu menunggu datangnya Ramadhan untuk berperilaku mulia. Tak perlu menunggu datangnya Bulan Ramadhan pula untuk menghapus dosa.  Percuma dong berbuat baik hanya di satu bulan Ramadhan sementara di 11 bulan lainnya berperilaku mafia? 

Itu saja sih keistimewaan Ramadhan buat saya.

Bukan puasanya yang istimewanya, melainkan bulannya. 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s