Anak Sekolahan & Tugasnya


Minggu ini masih minggu awal tahun ajaran baru, sepertinya para guru masih malas mengajar sehingga tugaspun diberikan kepada siswa-siswinya. Yang pada akhirnya banyaklah siswa-siswi yang mendatangi warnet ini untuk mencari jawaban atas tugas-tugas tersebut.

Herannya adalah entah kenapa semakin banyak dari mereka yang datang ke warnet dengan menyerahkan tugasnya ke meja saya sementara mereka berkutat dengan akun FB dan games-games seru yang ada di dunia maya! Ok lah ya kalau yang minta tugasnya dikerjain itu anak-anak SD. Paling hanya sekedar mencari artikel tentang Pemilu atau Nama-Nama Presiden RI atau artikel-artikel sederhana yang memang banyak disediakan mbah gugel. Tapi kalau model tugasnya macam Neraca Akuntansi dan Algebra…. GILA!!! Memangnya saya mau apa mengerjakan lajur kanan kiri yang njelimet atau menyelesaikan teorema-teorema si aljabar?? Ralat… bukannya gak mau TAPI SAYA GAK BISA!!! 😦

Sumpah…ada anak SMK yang tiba-tiba datang dan meminta saya untuk membuatkan nota pembayaran atau apalah gitu. Saya sudah mengatakan bahwa saya tidak bisa. Tetapi si bocah SMK tetap memaksa dan mengatakan saya hanya tinggal searching di gugel lalu menkopinya ke MS Word lalu print! Tapi tetap… saya katakan saya tidak bisa! Akhirnya dengan raut wajah kesal, gadis SMK tersebut menuju PC client dan meluncur ke dunia maya untuk menyelesaikan tugasnya.

Tak berapa lama kemudian, datanglah segerombolan bocah SD ke tempat saya. Dugaan saya tepat. Mereka meminta untuk ‘dibuatkan’ artikel-artikel remeh temeh sebagai tugas sekolah. Yah… seperti yang saya katakan sebelumnya, kalau hanya artikel sederhana macam pemilihan umum saja saya bisa (mau)  mengkopi paste dari internet. Toh yang minta dibuatkan juga masih anak-anak bau kuncur. Wajar kalau mereka masih sangat perlu bantuan.

30 menit kemudian, anak SMK tersebut kembali menghampiri saya sambil berkata;

Mbak aja deh yang buatin tugasku. Gak sulit kok mbak. Aku kasih tahu keywordnya trus mbaknya yang buat

Saya: “Maaf, Dek… aku gak bisa. Lagian juga itu tugas sekolahmu, kalau aku yang bikin aku yang pinter dong

Lalu tahukah apa jawabannya sebagai tanggapan atas pernyataan saya?

Dia bilang begini “Lah itu..mbak mau bikinin tugasnya anak-anak SD itu! itu kan tugas mereka, bukan tugas mbak!” Sembari berkata, tangannya mengarah pada sebuah PC yang dikerubungi anak-anak SD yang tengah asik dengan Cooking Diary nya. Saya tidak menjawab pernyataan konyolnya itu. Namun alasan saya membantu anak-anak SD itu karena saya memiliki ponakan yang hampir seusia mereka yang nantinya juga pasti mendapatkan tugas seperti mereka. Dan jika saat itu tiba saya ingin ponakan saya dibantu oleh siapapun yang dimintai tolong meskipun saya sangat yakin bahwa si Ais bukan model siswi copas (like aunty, like niece 😉 ).

Ohhh…. Gosh!!! Cewek SMA yang usianya sudah 17 tahun ini membandingkan dirinya dengan anak kelas 5 SD??!!! Ini Surabaya bukan sih??? Kota yang katanya metropolis. Ibukota provinsi. Salah satu kota terbesar dan ter high class di Indonesia  >.< Tapi kenapa pola pikir generasinya seperti itu??

Cewek SMK itu hanya sedikit dari mereka yang kerap kali meminta saya untuk mengerjakan tugas sekolahnya, tetapi dia yang paling ‘keren’ karena berani membandingkan dirinya dengan bocah kelas 5 SD!!!

Inilah salah satu dampak buruk dunia maya! Semua tugas tinggal copy paste tanpa mengerti apa isi dari copy pastenya tersebut! Bullshit kalau mereka membaca tugas hasil copas sebelum dikumpulkan! Mau jadi apa bangsa ini dengan stok generasi penerus yang suka copas  tugas dari internet dan itupun nyuruh orang???!!!!

P.S: Tuhan saya yang Maha Baik…. berilah saya kekuatan supaya bisa mempertahankan akal sehat saat melayani anak-anak sekolahan yang modelnya seperti bocah SMK itu.

Leave a Reply

