Juventus College, Cara Juventus Mencerdaskan Bangsa!


Saya mengenal Juventus ketika masih duduk di bangku sekolah dasar. Kemudian saya suka. Alasan mengapa saya menyukai Juventus dan kemudian menjadi sangat suka lalu cinta dan akhirnya menggilai bukan karena Juventuslah club peraih gelar terbanyak di kompetisi tertinggi negara Pizza, melainkan karena club ini memiliki cita-cita yang begitu tinggi. Memiliki mimpi besar dengan filososfi SEMANGAT PANTANG MENYERAH. Lo Spirito Juventus!

Terbukti bahwa dari SEMANGAT ala Juventus, club ini menjadi salah satu yang terhebat di dunia.

Sekarang saya semakin cinta Juventus karena The Old Lady telah meresmikan Juventus College. Sebuah institusi pendidikan bagi pemain muda Juventus. Bukan sekolah sepak bola seperti yang mengajarkan berbagai cara bermain atau membuat taktik pertandingan bola, melainkan sekolah formal. Kurikulumnya adalah kurikulum pendidikan yang berlaku di sana. Kalau di Indonesia, yaaa pelajaran sekolah pada umumnya… Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS…. Pokoknya pelajaran sekolah formal lah!

Juventus College ini setingkat dengan sekolah menengah di Indonesia. Hanya saja sekolah menengah di sana dimulai pada usia 14 – 16 tahun. Tingkatannya adalah prima, seconda dan terza… seperti kelas 1, 2, 3 SMA di Indonesia. Saat ini yang telah menjadi siswa di Juventus College adalah beberapa dari mereka yang tergabung dalam tim Youth Sector atau tim Primavera Juve. Karena sekolah ini memang untuk mereka yang bermain bola maka muridnya adalah siswa. Laki-laki. Sehingga mereka yang menimba ilmu di Juventus Soccer School dapat mengenyam pendidikan formal layaknya anak-anak sekolah umum seusia mereka.

Dan perlu di catat… Juventus College ini adalah sekolah untuk pemain bola (di luar pendidikan tentang bola) pertama di Italia. Tujuan club jelas… selain membuat pemainnya pandai menggocek bola di lapangan, club juga ingin pemain yang pandai di luar lapangan karena mereka tak akan seumur hidup menjadi pemain bola. Kalau kata UUD Indonesia “Turut mencerdaskan kehidupan Bangsa” 😉

Jika Juventus Soccer School bertujuan untuk mengasah otot, Juventus College dimaksudkan untuk mengasah otak. Otot sehat, otak cerdas! Masa iya pemain Juventus dongdong?? Asal tahu aja yaa… beberapa pemain utama Juve itu sudah meraih gelar doktor! Serius… salah satunya Paolo De Ceglie dimana bidang studi yang diambilnya adalah Matematika (piiuhhh… 😦 ). Dan Mr. Coach, Antonio Conte, memiliki gelar diploma di bidang ekonomi serta seorang sarjana Sains di bidang Olahraga.

Kalau nantinya sudah pensiun dari arena hijau, bukan tidak mungkin mereka duduk di kursi manajemen Juventus… atau mungkin menggantikan Presiden Agnelli… Atau mungkin mereka bisa menggantikan Giorgio Napolitano sebagai Presiden Italia. Bukankah sangat konyol jika seorang Presiden tidak intelek?!!

Keren kan club saya….. Sebuah football club bercita-cita tinggi dengan SEMANGAT besarnya tanpa mengesampingkan pentingnya pendidikan bagi generasi penerus Juventus dan Italia… dan ini semakin menegaskan istilah JUVETALIA! Juventus for Italia….

Semakin bangga menjadi Juventini!!! 🙂

Presiden Agnelli di Depan Juventus College

Hari Pertama di Juventus College

(Photo by: galery photo in juventus.com)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s