Kenapa Saya Harus Bertanya???


Di brifieng pagi kali ini Saya mendapatkan teguran dari koordinator lapangan. Tegurannya dikarenakan saya tidak banyak bertanya. Kata atasan, “Mei terlalu banyak diam. Tidak mau mengungkapkan kendala yang ada saat melaksanakan tugas. Saya jadi bingung. Dan terus terang saya lebih takut sama orang yang diam daripada mereka yang banyak tanya“.

Membuat saya ingat ketika hari pertama berada di kantor, beliau berkali-kali menyambangi meja kerja saya sembari bertanya, “Ada yang dibingungkan?” atau “Ada yang ditanyakan, mbak?“. Karena berkali-kali pertanyaan tersebut dilontarkan dengan mendapat jawaban ‘Tidak’, akhirnya beliau berkata “tanya apa gitu loh, mbak. Gak papa kalo mau tanya-tanya

Yahhh mau bagaimana lagi coba? Saya memang tidak memiliki kendala apa-apa terhadap setiap tugas yang saya terima. Memang ada waktu dimana saya sedikit kehilangan ide atau tak bisa berkonsentrasi, tetapi setelah istirahat selama beberapa menit saya toh bisa melanjutkan pekerjaan saya hingga selesai. Tugas yang saya terima juga tak pernah membuat saya hilang akal. Setiap ada tugas, saya tahu apa yang harus saya lakukan. Bukannya tak mau mengungkapkan kendala,melainkan memang saya merasa tidak memiliki kendala. Bukannya tak mau menanyakan masalah, melainkan memang saya sedang tidak menghadapi masalah dengan tugas yang harus saya selesaikan. Apa itu salah? Salah siapa? Apa yang harus saya tanyakan kalau saya sudah memahami semua tugas yang saya terima?

Masa saya harus mencari-cari masalah dan kendala pekerjaan? Bukankah lebih bagus jika seorang pegawai tidak menghadapi masalah dan kendala dalam setiap pengerjaan tugasnya?

Kalau memang hasil pekerjaan yang saya lakukan tidak baik, kenapa tidak ada teguran? Harusnya saya diberi evaluasi atas apa yang sudah saya kerjakan sehingga saya tahu saya harus bertanya tentang apa untuk pengerjaan saya selanjutnya. Buktinya sampai saat ini teguran yang saya terima hanya karena saya ‘tidak banyak tanya’.

Apa harus bertanya untuk sekedar basa-basi lagi?? >.<

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s