Ketika Wawancara Tertulis


Salah satu proses suatu rekrutmen karyawan di sebuah perusahaan adalah wawancara tertulis. Wawancara tertulis ini ya layaknya tes tulis dengan pertanyaan seputar personality. Jadi tak ada pertanyaan tentang pengetahuan umum atau matematika.

Pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab sebenarnya simple dan tidak butuh les selama berbulan-bulan. Biasanya pertanyaan pada tes wawancara tertulis berkisar pada Daftar riwayat hidup beserta keluarga (ayah, ibu, saudara) dan pekerjaan masing-masing. Lalu ada pula pertanyaan sehubungan perusahaan yaang menjadi tujuan lamaran kita. Atau alasan mengapa kita berniat menjadi karyawan di perusahaan tersebut serta menyebutkan peran kita ke depan untuk memajukan perusahaan. Cukup simple.

Tapi diantara pertanyaan yang sering kali muncul di wawancara tertulis, soal “sebutkan minimal 5 kelebihan dan kekurangan diri anda” -lah yang sangat tidak saya sukai. Secara sederhana kita bisa saja menuliskan 5 hal atau bahkan lebih sesuatu yang baik-baik  serta buruknya diri kita. Tapi sungguh, saat harus melakukan sesi wawancara tertulis beberapa kali, pertanyaan tersebut selalu saya kerjakan terakhir kali.

Bukan karena tidak bisa menilai baik dan buruknya diri sendiri, melainkan karena saya merasa kadang-kadang penilaian  yang saya buat tentang diri sendiri itu tidak termasuk dalam hitungan jawaban yang mereka inginkan.

Saya akui saja ya…. saya selalu menyebutkan Tidak suka memasak & Belum berani mengendarai motor untuk kekurangan diri. Itu serius loh… Tapi beberapa HRD yang membaca jawaban saya tersebut malah tersenyum simpul. Entah menganggap jawaban saya gila atau mereka merasa saya sedang melawak. Ada pula yang mengerutkan dahinya. Tapi bagi saya dua hal tersebut adalah kelemahan terbesar saya. Mau apa lagi coba? Memang begitu kenyataannya. Saya katakan terbesar karena hanya gara-gara saya tak bisa mengendarai ‘kuda besi’, saya didiskualifikasi dari salah satu dunia kerja yang saya inginkan. Dan saat itu adalah tes terakhir pada proses perekrutan karyawan. 😥 Hanya karena motor.

Karena itulah…saya paling benci dengan model pertanyaan 5 kekurangan dan kelebihan diri tersebut!

Leave a Reply

