Mengenal 3 Kata Baru


Personal Control, Personal Limitatiom, Moratorium… APA SIH ITU >.<

Ketika sebelumnya sama sekali belum pernah mendengar istilah-istilah pemerintahan yang seperti itu, hari ini harus menyusun ratusan paragraf dengan berlembar-lembar halaman yang mengisahkan tentang Personal Control..Personal Limitation… serta Moratorium. HOEKKSSSS…… rasanya ingin muntah ketika harus mencari-cari materi yang bisa menunjang penyelesaian deadline yang sialnya adalah sore ini.

Personal Control… Kontrol Pribadi….. Mengkontrol pribadi seseorang. Personal Limitation…. Keterbatasan Manusia. Moratorium…penundaaan. Sudah. Itu saja yang saya ketahui. Selebihnya tanya-tanya mbah gugel. Saat bertanya pada senior yang kebetulan satu ruangan, jawabannya adalah gelengan kepala. Bertanya pada kawan lainnya dibalas dengan mulut mangap dan dahi berkerut. Mau tanya atasan, beliaunya sedang sibuk dengan lintingan tembakaunya. Jadilah sepanjang hari ini berpusing ria untuk menyusun paragraf-paragraf yang mengandung 3 kosa kata asing tersebut.

Fiuuhhh…. Masalah sosial itu memang rumit ya. Tidak hanya banyak masalah, tetapi juga memiliki kosa kata dengan berbagai makna. Ketika harus mempelajari nama-nama ilmiah atau bahasa latin dari dunia tumbuhan selama hampir 4 tahun, saya selalu merasa bahasa ilmiah di dunia Biologi itu sungguh rumit dan membuat pusing. Namun hari ini saya bersyukur karena selama empat tahun berkecimpung di dunia sains makhluk hidup, tak ada kata yang memiliki banyak makna sehingga memiliki nama latin yang berbeda sehingga saya tak perlu keracunan istilah-istilah latin. Tidak seperti 3 kosa kata yang baru saya geluti hari ini.

Pusing sih iya, tapi harus bisa. Harus selesai juga karena toh ini memang tugas yang wajib diselesaikan.

Bagusnya adalah dengan begini saya jadi tahu bahwa di dunia ini ada masalah seperti personal control. Dan Personal Limitation itu tak hanya sekedar jumlah SDM yang terbata, sedangkan Moratorium hanyalah bahasa sok keren orang-orang pemerintahan mengenai penundaan kebijakan mereka supaya rakyat tidak heboh ketika kebijakan yang menyangkut kesejahteraan hidupnya ditunda.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s