Pake Earphone Saat Azan Bukan Dosa Besar!


Ketika azan dikumandangkan, apakah seorang muslim tidak diperkenankan menutup kupingnya dengan earphone untuk mendengarkan lagu atau melody sejenisnya? Yang saya tahu adalah untuk menghormati azan kita tidak diperkenankan untuk membuat suara-suara gaduh. Tidak boleh berisik. Tidak bolh ada suara lain selain kumandang azan.

Tapi jika ketika azan berkumandang saya mendengarkan music via earphone tanpa membuat kegaduha, apa itu tidak boleh?

Masalahnya bukan azan yang membuat saya ingin tetap menutup lubang telinga, melainkan muazinnya. Masih muazinnya. Entah kenapa setiap kali berada di luar kampung, azan yang berkumandang di tempat yang saya huni selalu tidak enak didengar. Fals dan membuat telinga saya sakit. Sekali lagi ya, bukan masalah azannya melainkan muazinnya. Kenapa masih saja ada suara-suara fals yang mengumandangkan azan. Padahal azan sendiri melambangkan salah satu keindahan, tetapi kalau dilantunkan dengan suara dan nada-nada yang tidak beraturan… indahnya dimana???? 😦

Kalau azannya sama dengan muazin yang biasanya disuarakan di televisi tak masalah… Kuping saya tak akan sakit mendengarnya.

Masa bodoh dengan pandangan teman-teman sekantor yang dengan serentak selalu melepaskan earphone mereka saat azan berkumandang, sementara saya membuat volume winamp menjadi 100% (via earphone). Bukankah saya tidak membuat keributan? Daripada saya berdosa lantaran mencela muazinnya yang fals, lebih baik saya menutup telinga. Karena itulah… saya rasa tidak dosa jika saya menutup telinga dengan earphone saat azan berkumandang.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s