Duel KPSI Vs PSSI = Sanksi FIFA


Sanksi FIFA untuk Indonesia kembali mengancam. Perkaranya masih sama. Masih seputar dualisme kepengurusan. Masih antara PSSI dengan KPSI. Masih antara Djohar Arifin dengan Agum Gumelar. Masih antara IPL dengan ISL. Entah antara apa dengan apa lagi atau siapa dengan siapa. Saya menjadi semakin bingung dengan dunia kulit bundar di Indonesia.

Bukan karena tidak cinta Indonesia, melainkan karena tidak tahu bagaimana caranya mencintai sepak bola kita. Bukan karena acuh pada nasib Garuda, melainkan karena tak tahu bagian mana yang harus saya banggakan dari ranah sepak bola kita. Jujur ya… pengetahuan saya akan skuad timnas itu bernilai 1 dari skala 0-100. Jika harus dibandingkan dengan pengetahuan saya akan punggawa Juventus, rasionya jauh. 1:99!

Ironi memang, karena harusnya saya lebih tahu siapa saja yang menjadi bagian dari TimNas. Tanyakan pada saya siapa pelatih TimNas Indonesia saat ini… jawaban saya adalah gelengan kepala. Suer! Pelatih TimNas Terakhir yang saya kenal hanyalah Alfred Riedl. Lainnya, saya tak kenal. 

Bukan salah saya jika saya jauh lebih mengenal tim yang jauh berada di benua lain daripada timnas sendiri. Awalnya tidak tertarik dengan dunia sepak Indonesia, lalu sekarang ditambah dengan perkara KPSI Vs PSSI yang tak kunjung selesai. Bagaimana bisa saya suka?

Saya memang tidak kenal timnas. Tidak mengenal para punggaanya. Tidak tahu sejarahnya dengan baik. Namun dukungan untuk TimNas akan selalu ada karena Timnas itu adalah Indonesia. Bagaimanapun carut marutnya organisasi TimNas, tetap saja merupakan bagian dari NKRI. Bagian dari bangsa dan tanah air beta. Karena itulah, jika FIFA benar-benar menjatuhkan sanksi dengan memblacklist TimNas dari keanggotaan FIFA maka saya berhak marah pada orang-orang yang berperan memunculkan sanksi tersebut.

Kalau memang benar menginginkan yang terbaik untuk Indonesia, kenapa harus ada sanksi FIFA?

Leave a Reply

