Untung Punya Otak Buatan Tuhan!


Bersyukur sekali karena otak adalah ciptaanNya… Dan meskipun tidak 100% sehat, saya masih bisa memaksimalkan kinerja otak ini. Masih bisa membuatnya bekerja. Tidak bisa dibayangkan bagaimana ceritanya jika otak ini adalah buatan manusia. Mungkin… saya harus mereparasinya setiap hari. Harus dibor sana sini. Harus dikencengin bautnya karena terlalu kendor. Harus di las. Harus dipilok…

Hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

Dan karena otak itu buatan Tuhanlah saya bisa mengarang-ngarang cerita. Ternyata ya…ilmu pengetahuan sosial itu jauuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh leeeeeeeeeeeeeeeebiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh sulit daripada ilmu alam. Saya memang kesulitas ketika harus menhafal tata nama yang sudah ditentukan Linnaeus… sangat sulit pula mencerna setiap rumusan Algebra… Apalagi memahami caranya air yang harus dituliskan dengan H2O. Itu susah.

Tapi lebih susah lagi ketika saya harus menuturkan kebijakan-kebijakan undang-undang… menjabarkan apa itu jaminan fidusia yang kemudian saya tahu sebagai jaminan kepercayaan. Mengartikan balanced scorecard juga tidak mudah.. Dan terakhir harus memahami fenomena Samudera Biru Vs Samudera Merah…..

“APA ITU” adalah fikiran pertama yang muncul ketika menghadapi masalah-masalah sosial tersebut untuk pertama kalinya.

Tapi karena “APA ITU” pula serta otak buatan Tuhan yang luar biasa, saya jadi tahu bahwa berkecimpung di dunia sosial itu tidak semudah menyelesaikan persamaan linier… tidak segampang menentukan sistematika suatu spesies… tidak pula sesederhana mereaksikan dua senyawa kimia. Lebih dari sekedar jenius untuk bisa menngerti ilmu sosial.

Jadi, kenapa masih harus ada cibiran terhadap ilmu sosial? karena medali emas tak melulu dari Olimpiade matematika..Karena otak kita tidak diciptakan hanya untuk mengerti teorema.

Leave a Reply

