Sebuah Tanggung Jawab


Seseorang pernah mengeluhkan mengenai kurang sukanya ia terhadap sikap A yang cenderung tak bisa bertanggung jawab atas setiap tugas yang diterimanya. Ia bahkan pernah mengatakan bahwa A selalu melimpahkan setiap masalah kepadanya.

Awalnya saya berfikir bahwa Ia adalah sosok yang pantas dipercaya. Seseorang yang dapat diajak untuk bekerjasama. Seseorang yang layak menjadi pemimpin.

Tapi kemudian, setelah mendengar cerita dari sosok lain yang pernah mengenal dirinya serta pengamatan saya sendiri… Saya jadi tahu bahwa Ia tak lebih baik dari A. Memang benar bahwa A kerap kali melemparkan tanggungjawab kepadanya. Memberikan pekerjaan ekstra. Tapi pada akhirnya pekerjaan yang dilemparkan itu tidak segera diselesaikan. Tidak dikerjakan dengan segera, bahkan tak jarang ditinggal begitu saja dengan cara menghilang dari area kerja.

Akibatnya, menumpuklah pekerjaan yang melebihi tenggat waktu.

Tidak ada niat menyalahkan sebenarnya, hanya saja saya kurang suka dengan sikapnya. Menjelekkan cara kerja A yang saya sendiri juga tahu bagaimana cara kerja A yang dimaksudnya, tetapi kemudian Ia berlaku tak jauh beda dari A. Meskipun dengan cara yang tidak sama, tetapi tetap…tidak masuk di hari kerja kala deadline menyelubungi kantor sama saja dengan melimpahkan tanggung jawab pada orang lain.

Atas nama apapun, tanggung jawab tetaplah tanggung jawab. Bukannya mau sok kolonial, tetapi yang namanya tanggung jawab tidak bisa dialihkan dengan alasan apapun. Kalau alasannya karena anak atau istri atau suami, bukankah seharusnya Ia sudah mengerti konsekuensi dari setiap pekerjaan di awalnya? Resiko! Kalau tidak mau mendapatkan resiko, kenapa tidak mendirikan perusahaan sendiri dengan aturan sendiri?

Semoga saja saya, kalian dan siapapun masih bisa menjaga tanggung jawab yang tengah diemban dengan menerima apapun resikonya  🙂

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s