Saat Susah Bernafas


Benar kata seseorang… “kadang-kadang ketika semua menganggap diri kita sempurna, kita akan merasa susah bernafas

Benar mungkin, ketika seseorang sudah dianggap expert dan selalu dipuja-puja dan selalu dinilai lebih, ia akan selalu berfikir untuk menyelesaikan semua perkara dengan sempurna. Tak ingin ada cacat sedikitpun. Tapi saat ekspektasi seseorang begitu tinggi, dan saat itu pula kita tak bisa memberikan hasil sesuai apa yang diharapkan, kemudian kita dipersalahkan dan segala pujian serta anggapan brilian menghilang dengan seketika, itulah yang membuat susah bernafas. 

Padahal, tak mungkin yang namanya manusia selalu sempurna. Mana ada manusia yang tanpa cacat sedikitpun? Noone! Nobody’s perfect!

Sayangnya tidak semua orang mengerti bahwa karya itu tak selalu baik. Bahkan ketika sebuah karya dinilai baik oleh seseorang, belum tentu itu baik bagi orang lain. 

Bolehlah memiliki ekspektasi tinggi pada seseorang, tetapi jangan terlalu tinggi apabila belum bisa menerima bahwa seseorang itu adalah manusia yang juga punya celah. 

Ketika seseorang gagal, posisikan diri sendiri sebagai subjek kegagalan. Bagaimana rasanya jika dijugde tidak baik atas apa yang sudah dilakukan dengan maksimal? Bagaimana rasanya dihakimi tanpa bisa memberikan pembelaan? Bagaimana rasanya dibilang sok pintar padahal kita tidak bodoh? Saat itu, Rasanya memang susah bernafas. 

Yaa… susah… tapi susah bukan berarti tak bisa. Meskipun dunia tengah menghadapi krisis alam dengan  global warmingnya, saya masih yakin bahwa Bumi ini masih memiliki banyak persediaan oksigen untuk setiap penghuninya. 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s