Saat Sedang Tidak Ingin Menulis


Lagi-lagi sedang terbentur dengan masalah “sedang tidak ingin menulis”. Kalau sudah ini masalahnya, mau dibuat bagaimana juga tetap tak bisa menghasilkan apa-apa. Hanya bisa mencoret-coret buku sembari mengetikkan kalimat seadanya yang mau muncul dari celah pikiran yang entah mengapa mengecil. Mau dipaksa bagaimana juga tetap saja tak bisa menghasilkan rangkaian paragraf berisi.

Nah kalau sudah begini rasanya saya ingin tidur saja. Iya. Tidur adalah salah satu cara saya untuk memunculkan kembali passion untuk menulis. Tidak perlu lama, cukup 2 jam saja. Setelah bangun, bergegas menyeduh serbuk kopi (instan) ke dalam cangkir favorit. Lalu kemudian menyalakan si leppie dan fokus membaca-baca materi yang berkaitan dengan tema yang akan dituturkan.

Simple.. Tidur lalu minum kopi. 

Itu adalah cara saya untuk membangkitkan rasa tak ingin menulis. Tapi masalahnya adalah kondisi “tak ingin menulis” tersebut kerap kali muncul di saat jam kerja. So, saya sih tak mau ambil pusing. Karena di jam kerja saya “tak ingin menulis” maka saya melakukan pekerjaan sebisa dan semaksimal saya di waktu “tak ingin menulis” tersebut, tapi bukan berarti tak ada konsekuensi. Selalu ada untung rugi. Karena prinsip saya menyelesaikan pekerjaan harus sesuai dengan deadline kantor maka mau tak mau saya harus menyerahkan waktu petang saya untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai.

Untungnya selama ini kondisi “tak ingin menulis” tak pernah datang di waktu malam saya. Entah mengapa malam dan dini hari adalah saat dimana otak menunjukkan produktivitas yang jauh lebih maksimal daripada prooduktivitasnya di siang hari. Untungnya lagi adalah saya bisa menjadi manusia nocturnal tanpa mengurangi kewajiban saya  sebagai pekerja diurnal . Dan lebih untung lagi adalah kondisi “tak ingin menulis” tak pernah menghampiri di saat saya berada pada tenggat waktu pengumpulan. 

Dan selepas ini acara saya sudah pasti. Tidur dulu, lalu minum kopi, lalu menuntaskan pekerjaan yang harus selesai esok sore.

Leave a Reply

