Ekspedisi Pacitan – Pantai Klayar


Sebuah Pantai bernama Klayar. Salah satu pantai di Pacitan yang masih belum sering dikunjungi oleh manusia. Bukan karena pantai ini tidak indah, melainkan karena letaknya yang jauuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh dari pusat kota Pacitan. Sekitar 45 km kalau saya tak salah. Kata orang Klayar adalah Tanah Lot alla Pacitan, tapi ya itu tadi… karena letaknya tidak di tengah keramaian kota dan jalanan yang harus dilewati cukup memacu adrenalin, pantai ini adalah salah satu pantai yang masih bisa dikatakan perawan.

Klayar terkenal dengan salah satu spotnya yang disebut seruling samudra. Sebuah lubang kecil di tengah-tengah batu karang yang berada di sisi timur pantai akan menyemburkan air yang tingginya bisa mencapai 10 meter, tergantung besar kecilnya ombak yang menerpa sisi karang. Lubang kecil dengan semburan air itulah yang membuat bagian tersebut dinamakan seruling samudera. Satu lagi, menurut orang, salah satu batu karang yang terdapat di sana berbentuk spinx, salah satu situs terkenal yang ada di Mesir. Tapi tetap, cuma Indonesia yang punya Klayar.

Karena kondisi masih sangat jauh dari keramaian, pantai masih terlihat bersih. Pasirnya masih putih. Dan lautnya masih biru jernih. Tidak ada bekas botol frestea atau bungkus permen kopiko yang berceceran. Dan bagi pecinta pantai, Klayar adalah pantai yang patut menjadi destinasi di waktu luang atau waktu yang diluang-luangkan 😛

Saya sendiri bukan pecinta alam bagian pantai, laut, dan sesuatu yang ada hubugannya dengan air… Ahh.. ironi memang… menjadi warga negara maritim, tetapi tidak suka pantai dan laut. Namun saya tetap harus mengakui bahwa Klayar jauh lebih eksotis daripada Parangtritisnya Jogja (but I Love Yogyakarta So Much!). Satu hal yang saya fikirkan saat berada di Klayar adalah “Apakah para penjajah tidak pernah menginjakkan kakinya di Klayar? Mengapa tempat itu terkesan tak terjamah oleh bangsa kolonial sekalipun?”

Potret Klayar Dari Atas Bukit :)

Potret Klayar Dari Atas Bukit 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s