Gak Harus Nunggu Cowok Selesai Jumatan Kok!!


Lagi-lagi saya harus tersenyum geli karena sikap salah kaprah seseorang terhadap ajaran keyakinannya. Hari Jumat, hari dimana laki-laki muslim wajib menunaikan salat jumat. Wajib. Untuk wanita? mau salat jumat monggo, enggak juga gak papa. Free!

Hal yang membuat saya benar-benar geli adalah karena sampai saat ini masih saja pikiran “kalau mau salat dhuhur hari jumat itu nunggu cowok-cowok selesai salat jumat”. Ya… hari ini ketika saya mengajak teman-teman kantor untuk melaksanakan salat dhuhur, jawaban yang saya terima sama..

“kan sekarang hari jumat”

“Cowoknya masih salat jumat, Mei”

Bahkan ada yang memberikan ekspresi heboh seakan-akan ajakan saya untuk salat itu adalah sesuatu yang konyol

“LOHH…TUNGGU COWOKNYA PULANG DARI MASJID. SEKARANG KAN JUMATAN”

Ketika saya menanyakan pada mereka mengenai alasan atas pernyataan masing-masing yang serupa… Ada yang tersenyum lalu kembali melanjutkan aktivitasnya di depan laptop, ada yang mengatakan “aku belum tahu sih”, dan ada yang merengutkan dahinya sembari manyun-manyum jelek dan juga melanjutkan aktivitasnya di depan laptop. Entah apa yang kalian pikirkan mengenai ajakan saya, tapi yang saya pikirkan saat mendengar jawaban kalian adalah kalian gak pinter.

Ahhh… kenapa masih saja ada kesalahan berfikir dari sosok yang saya anggap berpendidikan.

Saya memang tak hafal hadis dan semua ayat Al Quran. Saya juga bukan ahli fiqih. Tapi saya tahu dan mengerti  bagaimana ajaran agama yang saya yakini. Dan kalau mau berbicara nilai sebagai alat ukur pengetahuan seseorang, nilai agama di transkrip saya A kok. Apa? Kenapa?! kalian pikir saya sombong? HAH?! 😛

Tak ada hukum wajibnya bahwa untuk melakukan salat dhuhur di hari jumat, wanita harus menunggu selesainya salat jumat. Tak ada ketentuan bagi wanita untuk melakukan salat dhuhur setelah kaum adam selesai menunaikan salat jumat! Kalau sudah dengar suara adzan, itu tandanya sudah masuk maktu salat, mau hari senin..selasa..rabu..kamis.. atau jumat sekalipun… perempuan yang tidak menjalankan salat jumat, bisa saja menunaikan salat dhuhur tanpa menunggu selesainya salat jumat! Tak perlu menunggu si laki-laki menuntaskan kewajiban salat jumatnya!

Kecuali kalian mau salat dhuhur di masjid saat hari jumat. Ya memang harus nunggu jamaah salat jumat selesai lah! Kalau salatnya di rumah atau di kantor atau di kos, ngapain pake acara nunggu salat jumat selesai??? Kan tempat salatnya gak dipake jumatan?! Yang perlu diperhatikan adalah sudah azan apa belum! Gila itu bukan salat sebelum cowok-cowok selesai salat jumat, melainkan salat sebelum waktunya!!

So Please… jangan mengada-adakan aturan yang tidak ada. Manusia ini memang aneh. Dikasih peraturan yang wajib malah dilanggar, gak ada peraturannya malah diada-adakan. Ck ck ck… Keliatan banget gak pinternya 😦

Buat kalian yang masih saja punya pikiran “cewek harus nunggu cowok selesai salat jumat baru boleh salat dhuhur”, ganti dan buang jauh-jauh pikiran konyol itu!

Sekarang gini deh ya.. kalo misalnya kita ada ujian atau janjian jam 1 di hari jumat. Salat jumat itu kan kira-kira selesainya setengah 1, kalo harus nunggu salat jumat selesai berarti sisa waktu kita untuk salat dhuhur hanya 30 menit. Cukup memang untuk salat. Tapi kalau harus mengantri berwhudu? Mengantri mukenah (ini buat kalian yang males bawa mukenah sendiri!)? atau bahkan ngantri tempat salat? Apa cukup waktu 30 menit? Akhirnya kita (kalian) jadi terlambat ujian dan janjian. Kalau ditanya alasan keterlambatan mau jawab “abis salat” gitu?? Sangat tidak bijaksana menjadikan salat sebagai alasan atas kesalahan diri sendiri.

Jadi, masih berfikiran stupid mengenai waktu salat dhuhur di hari jumat???

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s