Teguran Dosen Itu Wajar


Pengalaman pertama memang selalu menghadirkan cerita yang penuh warna sekaligus suka duka. Banyak makhluk yang deg-degkan dan menjadi semakin terpuruk setelah melakukan sesuatu yang menjadi Pengalaman Pertama, termasuk skripsi. Dan ini terjadi pada adek saya. Untuk pertama kalinya muncul di hadapan dosen pembimbing dengan sebuah proposal, yang didapat adalah teguran karena dia sama sekali tak pernah melakukan bimbingan skripsi.

Saya tidak tahu detail cerita mengenai teguran dosen pembimbingnya tersebut, yang saya tahu adalah setelah ditegur dia langsung memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya dengan alasan ingin fokus skripsi. Keputusan yang cukup bijak,tetapi kurang tepat karena setelahnya dia malah keluyuran semalaman di luar kosan. Kalau memang mau fokus skripsi, kenapa tak segera menuntaskan tahap proposalnya?

Entah bagaimana jalan pikirannya, tapi bagi saya, terlalu terpengaruh dengan teguran dosen pembimbing itu lebay! Menegur memang menjadi salah satu tugas dosen pembimbing terhadap mahasiswa tingkat akhirnya. Kalau mereka menegur berati mereka sedang menjalankan peran mereka sebagai dosen pembimbing. Justru bagus kalau teguran tersebut didapatkan di awal, karena ada kemunkginan dosen tertarik dengan topik skripsi kita atau bahkan beliau sayang pada kita sehingga menginginkan kita untuk segera menyelesaikan naskah skripsi dengan segera.

Wajar jika dosen menegur, manusiawi jika sedih karena ditegur. Saya memang tidak tahu bagaimana rasanya mendapatkan teguran dari dosen saat pertama kali mengajukan proposal skripsi, tetapi saya yakin bahwa teguran seorang dosen sebagai pengalaman pertama pembuatan skripsi adalah salah satu momen, duka memang…tapi endingnya pasti suka….dengan catatan tidak terpuruk dengan duka kecil di awalnya.

Trust me…. you can do it, sist! Juventini always can 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s