Cuma Kumpul di Hari Lebaran


Lebaran tahun ini (1434 H) = sepi. Lebaran pertama saya & keluarga habiskan di kota tinggal anyar. Lebaran pertama yang benar-benar hanya dirayakan oleh Saya dan keluarga inti. Lebaran kedua tanpa sosok Mami. Hari raya yang sepi cerita mungkin, tapi setidaknya tetap berkumpul bersama keluarga. Simple sih.. cuma ngumpul. Tapi kegiatan ‘cuma’ tersebut tak bisa dilakukan setiap saat. 

Hanya ada satu orang tua, dua kakak, dua kakak ipar, 1/2 lusin ponakan, dan seorang adik. Kami bertigabelas seakan-akan membentuk skuad sendiri untuk merayakan lebaran tahun ini. Tidak ingin ada campur tangan keluarga lain. Just our family. 

Tidak ada yang spesial juga. Hanya shalat Id bersama, kemudian sungkeman, dan selanjutnya makan-makan. Setelah itu menggiring ponakan-ponakan ke waterboom yang ada di dekat hunian kami. Sayangnya keadaan tubuh saya sedang tidak mendukung aktivitas yang berlebihan. Kondisi tubuh yang kurang fit pada hari raya membuat saya harus stay di rumah sementara ponakan, adik, & kakak saya plus suaminya bermain air di waterboom. 

Hari Kedua Lebaran; kami menuju rumah bude di Situbondo. Silaturahmi pula dengan tetangga di rumah lama. Ada rencana untuk melanjutkan perjalanan ke Jember, tetapi karena saudara dari Jember beraksud mendatangi bude yang bermukim di Situbondo, rencana ke Jember dibatalkan. 

Benar-benar sepi. Kalau mungkin bisa dibilang ramai; bertemu dengan beberapa kawan SMA di hari ketiga lebaran adalah sesuatu yang berbeda dari kegiatan kumpul-kumpul dengan keluarga. Atau mungkin kegiatan bermain dengan ponakan-ponakan di alun-alun kota adalah keramaian lebaran lainnya. 

Secara keseluruhan, acara lebaran tahun ini cuma kumpul-kumpul biasa. Baik dengan keluarga, maupun dengan teman. Semoga saja kegiatan ‘cuma’ yang hanya tiga hari tersebut bisa kembali dilakukan lebaran tahun depan. 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s