Manusia & Penyerbukan Silang


Bagaimana sebuah tumbuhan dapat hidup dan memperbanyak dirinya? Sama dengan hewan ataupun manusia yang juga menjadi bagian dari kingdom animalia. Tumbuhan juga memiliki sistem reproduksi untuk berkembang biak, memperbanyak dirinya.

Salah satu dari keseluruhan sistem yang dilakukan tumbuhan untuk hidup itu adalah penyerbukan atau persarian. Sebuah istilah yang didefinisikan sebagai jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Suatu proses yang pada akhirnya akan menyebabkan spesies tanaman menghasilkan organ yang disebut bunga. Organ yang dikenal manusia awam sebagai perhiasan tanaman. Organ tanaman yang pada umumnya berwarna dan menarik minat mahkluk hidup lainnya. Organ yang menjadikan spesies tanaman memiliki nilai lebih. Dan penyerbukan yang menghasilkan bunga itu dilakukan sendiri oleh satu individu tanaman.

Sekarang; mari analogkan penyebukan sebagai isi kepala seseorang. Jika satu orang saja bisa menghasilkan keindahan hanya dengan melakukan penyerbukannya sendiri; dapatkah dibayangkan bagaimana jika penyerbukan tersebut dilakukan secara silang?

Tidak hanya memaparkan keahliah diri sendiri. Tidak hanya menjabarkan pemikiran sendiri. tidak hanya merangkai mimpi-mimpi sendiri. Tetapi juga bertukar pikiran dengan individu lain. Saling bertukar impian dan pengalaman. Saling melengkapi keahlian dan kelemahan masing-masing. Bukankah dengan begitu ‘bunga’ yang dihasilkan tidak hanya terdiri dari satu warna? Tidakkah semburat putih pada spesies Rosa indica terlihat lebih menarik dibandingkan satu warna merah yang monoton?

Karena sebenarnya setiap makhluk digariskan dalam realita sosial; termasuk melakukan penyerbukan silang.

……………………………………………………………………………………………………………

Kalian bertanya tentang mutasi atau ketidaksesuaian antara pollen dan stigma yang menyebabkan penyerbukan tidak berarti apa-apa? Mari kita bahas itu di lain waktu

…………………………………………………………………………………………………………..

P.S: Sebuah nasihat

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s