Aktivitas Lain Saat Jam Kerja


Ngegame di saat jam kerja, boleh gak sih?

Main FB di saat jam kerja, boleh gak sih?

Main Twitter di saat jam kerja, boleh gak sih?

BBM di saat jam kerja, boleh gak sih?

SMS di saat jam kerja, boleh gak sih?

Ngobrol di saat jam kerja, boleh gak sih?

Tidur di saat jam kerja, boleh gak sih?

Kalau harus mengikuti aturan baku perusahaan, jelas semua pertanyaan itu dijawab “Tidak Boleh”. Memang benar bukan? Mana ada kantor yang mengizinkan karyawannya kelon-kelon di saat jam kerja? Apalagi membicarakan sesuatu yang di luar masalah pekerjaan. Ngegame apalagi. 

Tapi…. kalau saya yang menjadi bosnya, semua pertanyaan di atas saya jawab “Boleh”.

Silahkan main FB. Silahkan berkicau di twitter. Silahkan ngegame sesukanya. Silahkan ngobrol dan cekikikan. SIlahkan SMS, BBM, atau telponan. Atau bahkan mungkin tidur di saat jam kerja. Silahkan. Asalkan pekerjaan bisa selesai tepat pada waktunya. Silahkan lakukan apapun yang kalian suka, asalkan semua deadline tidak melewati tenggatnya. Kalau pekerjaan sudah diselesaikan dan hasilnya tidak mengecewakan, silahkan lakukan aktivitas kesukaan di jam kerja. No problemo!

Jangankan karyawan, seorang direktur saja juga butuh melakukan aktivitas selain berkutat dengan berkas-berkas pekerjaan. Percaya deh, direktur juga hobi ngegame! Dan aktivitas lain itu tak melulu hanya ngegame. 

Saya misalnya, tidak hobi berkutat dengan games-games yang biasanya dimainkan oleh teman-teman kantor di sela-sela jam kerja, bukan berarti tidak memiliki aktivitas lain yang ingin saya kerjaan di sela-sela tumpukan tugas. Terkadang ketika pikiran sedang buntu dan tiadak bisa diajak berkompromi untuk merajut alfabet menjadi puluhan paragraf, Saya juga melakukan aktivitas hiburan yang setidaknya bisa sedikit merefresh otak.  Ngeblog, bukan kerjaan kantor bukan? Tapi tetap…. tugas harus diselesaikan tepat waktu & dengan benar!! 

Bahkan kuli bangunan pun ‘perlu’ update status via FB saat membangun rumah. Tidak masalah bukan, asalkan bangunan rumah bisa jadi tepat waktu dengan struktur yang benar. 

Seandainya kita memakai jam kantor duntuk ngegames lalu kemudian si bos marah-marah, ada dua indikasi. Pertama karena pekerjaan kita tidak benar atau yang kedua, si bos terlalu pragmatis.

Kesimpulannya, seperti pelajaran sewaktu SD…. keseimbangan antara hak & kewajiban. Jika kewajiban sudah dilaksanakan, barulah pantas menuntut hak. Gak perlu terlalu menghebohkan karyawan yang suka ngegames, ngobrol atau FB-an…. cukup lihat hasil kerja karyawan. Ok biarkan, tidak ok beri hukuman! Dan bagi karyawan yang mendapatkan hukuman apapun dari bos, introspeksi saja. Tidak perlu adu argumen atau melakukan pemberontakan seolah-olah hendak menggulingkan suatu rezim diktator sebuah pemerintahan. Just do whats your job.

P.S:  choose a job you love and you will never have to work a day in your life.

Advertisements

2 comments on “Aktivitas Lain Saat Jam Kerja

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s