Menulis Masih Mengasyikkan!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


“Ketika menulis tidak lagi mengasyikkan”

Sebuah statement yang beberapa hari lalu terlontar dari salah seorang rekan. Entah bagaimana kriteria mengasyikkan yang dimaksudnya. Tapi beberapa saat setelah dituliskan, si rekan juga menuturkannya, persis didepan Saya. Lalu dia bertanya “Bener gak, Mei?”

Sebuah pertanyaan yang entah bagaimana secara tiba-tiba memenuhi isi kepala Saya… Benarkah bahwa menulis sudah bukan lagi pekerjaan yang mengasyikkan?Ditambah dengan pertanyaan beberapa kawan tentang “kenapa sekarang jarang up date tulisan”; lalu mengatakan “produktivitas blogmu di tahun 2013 menurun drastis. Sebulan cuma 14 postingan? What’s going on??”

Kemudian terbatin rentetn jawaban:

  • Iya, saya sudah bosan
  • Iya, saya sudah lelah
  • Iya, saya sudah muak dengan segala deadline kantor yang tak karuan
  • Iya, saya sudah tak punya passion untuk melakukan aktivitas ini setiap hari
  • Iya,saya sudah tidak menikmati tempat ini

Jawaban-jawaban yang selanjutnya membuat saya menghembuskan nafas panjang, lalu tersenyum simpul, dan menyadari betapa tolol dan labilnya pikiran saya selama beberapa detik itu sehingga harus mengiyakan pernyataan kawan saya yang memang sedang mengalami gangguan jiwa akibat tekanan deadline yang tak terkira. Tersadar juga akan teguran kawan yang menyatakan sedikit pasifnya postingan yang saya buat dalam beberapa bulan terakhir.

Dan “Benarkah menulis sudah tidak lagi mengasyikkan?” Nope, it’s my world which I choosy. That’s my choise.

Jika sampai ada pikiran ‘tak ada lagi keasyikan’ untuk menulis, mungkin bukan menulisnya yang salah. Mungkin ada sesuatu yang salah pada saya. Ada hal yang membuat saya tak bisa ‘benar-benar’ menulis. Ada faktor ‘X’ yang harus dihilangkan, dibuang, dan ditinggalkan supaya passion itu kembali muncul.

Menulis masih mengasyikkan. Masih. Insya Allah, Masih.

Leave a Reply

