Sebuah Doa


Lagi dan lagi permasalahan itu datang melalui si adek. Baru saja menyelesaikan ulahnya, ada lagi pola absurd yang dibuatnya. HIngga pada akhirnya, menyerah. Karena sudah merasa tidak memiliki daya, akhirnya mengadulah saya pada saudara yang mungkin bisa diajak untuk menuntaskan kisah gila adek kami. Aduan yang kemudian hanya ditanggapi “Gak perlu dipikirkan. That’s not your fault. Just take care of your own life”.

Sebuah tanggapan yang membuat saya harus kembali diam sembari menghembuskan nafaa panjang. Tanggapan yang kemudian membuat saya berusaha untuk ‘tidak peduli’ pada si adek. Membiarkan permasalahannya. Tidak lagi ambil pusing dengan perkara si adek. Bahkan sama sekali tidak memiliki niatan untuk bertanya mengenai maslaah baru yang dibuat si adek. Tidak tahu harus bagaimana supaya ia tak lagi membawa masalah.

Hingga kemudian, seorang teman yang juga bermasalah dengan adiknya bercerita bahwa ketika dia sama sekali tidak bisa ‘membenahi’ tingkah laku adiknya dan meraasa sudah pusing dan tidak tahu harus berbuat apa hal yang dilakukannya adalah berkeluh kesah pada Mama, lalu berkata “Ma, tolong doain anak ini supaya dia diberi hidayah”. Lalu kemudian permasalahan adiknya selesai. Tak perlu cerita panjang lebar bagaimana masalah adik kawan saya, that’s not important things. Tapi yang jelas masalah itu selesai setelah Ia meminta doa dari si Mama.

*sigh*

Dan bagaimana dengan saya? Bagaimana mungkin saya berkata sepertinya; “Mam, tolong doain adek supaya dia diberi hidayah”…. Fiuuhhh……

Semoga saja, meskipun tidak ada doa dari Mami, adek saya benar-benar bisa lepas dari semua masalah yang mungkin memang benar-benar menyukainya. Tidak lagi hobi membuat huru-hara. Tidak lagi membuat saya sakit kepala.

Benar kata salah satu kawan, jangan pernah memikirkan masalah karena dia akan selalu datang pada semua makhluk di dunia. Jika tidak ingin bertemu masalah, pergi saja ke luar angkasa. Jangankan masalah, oksigen saja tidak ada. Tapi paling tidak, ada rasa yang lebih bertanggungjawab dari si adek atas setiap hal yang dilakukannya. Dan semoga dengan doa Saya bisa memberinya hidayah.

Leave a Reply

