The Multitasking Woman is A Mom


Susahnya jadi Ibu banget. Harus mengurus pekerjaan rumah. Harus mengurus anak. Benar kata iklan salah satu produk di TV, Ibu itu harus multitasking karena beliau tidak hanya mengurus rumah. Ibu itu juga berperan sebagai akuntan, sebagai koki, sebagai psikolog, sebagai guru, sebagai manajer keuangan, sebagai waiters, dan mungkin semua jenis pekerjaan di dunia ini harus bisa dilakukan oleh mereka yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga!

Mungkin itu juga yang membuat seorang ibu disarankan untuk fokus saja dengan urusan keluarganya dibandingkan bekerja di luar rumah. Benar, sekarang ini tidak ada ada lagi mainstream wanita harus stay di rumah. Tapi sekalinya wanita (ibu) terjun bebas ke ranah pekerjaan, apapun alasannya, korban terberatnya adalah anak. Kasihan rasanya pada adek les yang mamanya harus bekerja seharian. Dia harus menghabiskan waktunya di kamar kos setelah pulang sekolah. Tidak ada interaksi lebih antara dia dan mama. Hanya diantar ke sekolah, dijemput, diberi makan, tidur, mandi, lalu ditinggal bekerja. Tidak sepenuhnya salah si mama, karena si mama bukanlah Maryam yang bisa mengandung Isa tanpa peran kaum Adam. Tapi tetap, membiarkan bocah berusia 7 tahun sendiri di area wanita yang masih doyan bersenang-senang bukan cara bijak mengasuh anak.

Tidak tega rasanya ketika harus melihat adek les sibuk dengan teman hayalannya di kamar sebelah seorang diri. Tidak ada teman bermain, tidak ada ‘psikolog’ yang bisa diajak bercengkrama, tidak ada ‘guru’ yang bisa diajak bertukar pikiran, tidak ada ‘waiters’ yang membatu mengelapi makan minumnya yang berceceran. Tapi saya belum bisa sepenuhnya berbagi ’emosi’ dengan si adek. I’m not a girl, but not yet a woman. Karena itulah, terkadang seringkali merasa kesal jika si adek mulai melancarkan jurus mencari perhatiannya. ‘Mengganggu’ masa rehat atau mengajak mengobrol.

Ahhh….. Mam… please, comeback to your son.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s