Korban Pekerjaan


Selalu ada yang dikorbankan. Apapun pekerjaannya, selalu ada tumbal.

Seorang teman yang harus bekerja di tempat yang jauh di ujung negeri harus rela mengorbankan waktu kebersamaan dengan suaminya karena tugas pekerjaan. Seorang teman yang lain juga harus terpisah ruang dan waktu dari sang suami yang merantau di tanah orang. Kedua kawan saya ini harus mengorbankan kebersamaan demi sebuah pekerjaan.

Pengorbanan dari sebuah pekerjaan pun tak melulu soal waktu. Korbannya juga tak harus zat yang bernyawa.

Saya pun demikian. Karena salah satu tugas saya adalah berkutat dengan anak sekolah dasar yang aktivitas dan kelincahannya tak bisa dikira maka sudah banyak sekali benda yang harus saya korbankan ketika mengajar. Meja belajar mini yang baru saya beli harus ‘lumpuh total’ karena kakinya mengalami fruktura. Belum lagi meja belajar kawan sekamar yang dijadikan kanvas oleh tangan-tangan kreatif adek les.

Flasdisk yang saya simpan di tempat aman supaya tak terjamah mereka, tatap menjadi korban tak berdaya. Dan terakhir saya harus mengorbankan si blackberry yang entah diperlakukan bagaimana oleh adek les, sehingga si BB ngambek tak mau menyala 😐

Dan masih banyak bentuk pengorbanan lain dari sebuah rutinitas pekerjaan… Jomblo karena kerja…bertengkar dengan pasangan karena kerja… tak ada kawan karena kerja… tak punya tetangga karena kerja… dan bahkan diisukan sebagai anak haram karena kerja ( :p ).

Jadi, yang terpenting dari sebuah pekerjaan adalah menikmati setiap prosesnya dan mensyukuri setiap hasilnya. Jika harus ada hal yang dikorbankan, memang seperti itulah siklusnya.

Leave a Reply

