Di Negara Manapun Ada Penipu

Kemarin ketika berada di toko buku Gramedia, saya menyempatkan diri untuk melihat open talk antara pengunjung dengan tiga orang penulis novel-novel traveler. Yang saya tahu hanyalah Trinity, penulis novel Naked Traveler yang menurut saya keren.

Karena memang tidak mengetahui akan adanya acara tersebut dan saat itu saya terburu-buru maka saya hanya mendengarkan sedikit perbincangan antara pengunjung dan penulis.

Pertanyaan pengunjung yang paling saya ingat adalah

Mengapa di luar negeri jarang sekali kita ditipu, sedangkan di Indonesia kita sering ditipu oleh orang saat hendak melakukan suatu perjalanan

Mendengar pertanyaan tersebut, yang ada dipikiran saya adalah pengunjung ini tidak benar-benar tahu akan dunia. Saya punya jawaban untuknya, tetapi karena pertanyaan itu ditujukan pada penulis buku maka yang bisa saya lakukan adalah menunggu jawaban si penulis.

Dan jawabannya begini;

Masnya pernah ke luar negeri? Sama saja mas… Mau dimanapun, penipuan itu ada. Coba saja ke India.. penipunya dimana-mana

Persis seperti itulah jawaban saya! Kejahatan macam menipu tak hanya ada di Indonesia. Di belahan dunia manapun tindak penipuan itu pasti ada karena makhluk hidup yang mendiaminya juga manusia. Dimana-mana yang namanya manusia itu sama saja!

Saya memang belum pernah menginjak USA, tapi bukan berarti saya tak tahu bahwa di sana pun ada yang namanya pencopet. Siapa pula yang tak kenal Sicilia sebagai sarang mafia di Italia?

Rasanya ingin memeluk Indonesia saat pertanyaan itu terlontar…. Indonesia bukan negara yang penduduknya bebas dari kemiskinan, tetapi bukan berarti Indonesia adalah negeri yang penduduknya suka menipu. Pertanyaan dari pengunjung itu seolah-olah mencap Indonesia sebagai negeri penipu… Padahal kan enggak…. 😦

Bandingkan saja… kalo kita makan di rest0-resto cepat saji yang ada di Indonesia kita cukup meletakkan tas atau barang di samping kursi atau menggeletakkannya di atas meja… dan sangat jarang benda-benda itu raib… sedangkan di luar negeri (menurut buku yang saya baca), taruh saja barang di atas meja atau samping kursi… gak sampe 5 menit pasti hilang!!

So…..Penipuan itu dimana-mana, guys….